EKSTRA BAHASA ARAB
Semua sudah tahu, bahasa arab adalah mapel senior, mengingat mapel ini sudah diajarkan di pesantren-pesantren sebelum ada sekolah, tapi sampai sekarang mapel ini tetap menjadi mapel yang paling ketinggalan.
Ada banyak hal yang menjadi kendala kemajuan mapel bahasa arab, dan setidaknya ada dua hal yang perlu digaris bawahi:
Pertama, komersilitas yang minim. Cara berfikir masyarakat bahwa sekolah adalah lompatan untuk bekerja adalah hal yang sangat mempengaruhi animo mereka untuk menggeluti dan menekuni mapel bahasa arab. Berbeda dengan saudara-saudaranya, mapel bahasa khususnya bahasa inggris, betapa masyarakat begitu antusias bahkan berlomba untuk menguasainya karena sisi komersilnya yang begitu menjanjikan. Dan tentu saja, jika suatu mapel menjadi animo masyarakat maka hal itu menjadi lahan yang menjanjikan bagi pelaku bisnis/ jasa. Maka lahirlah inovasi-inovasi pembelajaran yang meski berlatar belakang bisnis untuk mengeruk keuntungan, tapi memberi efek positif pada gairah belajar mapel itu sendiri.
Kedua, minus media pendukung. Media yang cenderung diartikan dengan alat-alat grafis, fotografis atau elektronik untuk menangkap, memproses dan menyusun kembali informasi baik visual maupun verbal dalam kehidupan sehari-hari di luar sekolah akan sangat mendukung pembelajaran suatu mapel di kelas. Coba lihat disekeliling anda, adakah tulisan atau gamabar yang mendukung mapel bahasa arab? Dan kenyataan akan berbalik begitu yang ditanyakan adalah yang mendukung bahasa inggris, banyak sekali tulisan atau gambar, apalagi film, yang dengan mudah didapat dan ditemui sehari-hari.
Ada banyak hal yang menjadi kendala kemajuan mapel bahasa arab, dan setidaknya ada dua hal yang perlu digaris bawahi:
Pertama, komersilitas yang minim. Cara berfikir masyarakat bahwa sekolah adalah lompatan untuk bekerja adalah hal yang sangat mempengaruhi animo mereka untuk menggeluti dan menekuni mapel bahasa arab. Berbeda dengan saudara-saudaranya, mapel bahasa khususnya bahasa inggris, betapa masyarakat begitu antusias bahkan berlomba untuk menguasainya karena sisi komersilnya yang begitu menjanjikan. Dan tentu saja, jika suatu mapel menjadi animo masyarakat maka hal itu menjadi lahan yang menjanjikan bagi pelaku bisnis/ jasa. Maka lahirlah inovasi-inovasi pembelajaran yang meski berlatar belakang bisnis untuk mengeruk keuntungan, tapi memberi efek positif pada gairah belajar mapel itu sendiri.
Kedua, minus media pendukung. Media yang cenderung diartikan dengan alat-alat grafis, fotografis atau elektronik untuk menangkap, memproses dan menyusun kembali informasi baik visual maupun verbal dalam kehidupan sehari-hari di luar sekolah akan sangat mendukung pembelajaran suatu mapel di kelas. Coba lihat disekeliling anda, adakah tulisan atau gamabar yang mendukung mapel bahasa arab? Dan kenyataan akan berbalik begitu yang ditanyakan adalah yang mendukung bahasa inggris, banyak sekali tulisan atau gambar, apalagi film, yang dengan mudah didapat dan ditemui sehari-hari.
Menyikapi hal itu, MI Negeri Grogol sebagai Instansi penyelenggara pendidikan yang ikut bertanggung jawab pada kemajuan pendidikan, melaksanakan kegiatan EKSTRA KURIKULER BAHASA ARAB dengan lebih mengedepankan pembelajaran yang mengedepankan penggunaan media pendukung elektronis yang diharapkan akan lebih diterima dan lebih mudah ditangkap oleh siswa.
هاَ أَنَا يَا مُشَا هِدُوْنَ