kegiatan
pengembangan guru
0
TRAINING MURI-Q
Liburan semester ganjil tahun pelajaran 2013-2014 MI Negeri Grogol sesuai SK dari Kementerian agama Kabupaten Sukoharjo dilaksanakan pada tanggal 16- 29 Desember 2013. Tapi itu hanya berlaku untuk siswa-siswinya saja, karena untuk dewan guru, pada liburan semester tersebut mempunyai agenda-agenda yang harus dilaksanakan untuk kemajuan Proses pendidikan.
Salah satu agenda guru di minggu pertama libur semester adalah Training Murottal Irama Alquran (MURI-Q) yang dilaksanakan 2 hari yaitu hari selasa tanggal 17 dan rabu tanggal 18 desember 2013. Training ini sendiri adalah salah satu bentuk pelatihan dengan bentuk pengenalan dan penguasaan Irama Alquran yang lebih dikenal dengan Istilah Murottal. Nah, murottal yang didalami disini adalah Murottal Muri-Q yang merupakan salah satu cabang Murottal.
Training selama 2 hari ini dibagi menjadi 3 session. Sesi pertama di hari selasa adalah sesi penguatan
keyakinan akan penting Murottal bagi sebuah sekolah dan bagi guru sebagai pelaksana dan pengemban proses pendidikan di Madrasah. Ustadz Edy Sumianto, S.Pd.I, sebagai narasumber utama Training ini dalam sesi pertama mengulas banyak tentang sejarah Tahsin (Membaca Alquran dengan baik) di Indonesia dan Murottal yang kemudian pada akhirnya menyimpulkan kenapa seorang guru khususnya pengajar di Madrasah harus bisa murottal.
keyakinan akan penting Murottal bagi sebuah sekolah dan bagi guru sebagai pelaksana dan pengemban proses pendidikan di Madrasah. Ustadz Edy Sumianto, S.Pd.I, sebagai narasumber utama Training ini dalam sesi pertama mengulas banyak tentang sejarah Tahsin (Membaca Alquran dengan baik) di Indonesia dan Murottal yang kemudian pada akhirnya menyimpulkan kenapa seorang guru khususnya pengajar di Madrasah harus bisa murottal.
Sedang sesi ke-2 adalah pengenalan nada irama khas Muri-Q yaitu nada 1(tinggi), 2 (naik), 3 (turun), dan 4(rendah). Nah pada sesi ke-2 inilah keseriusan para peserta dimulai. Karena baru mengenal dan mendengar Murottal Muri-Q, pada awalnya peserta sedikit kesulitan untuk menirukan nada dan iramanya. Setelah sedikit demi sedikit mencoba dan mempraktekkan, akhirnya mereka pun mulai menghayati dan sedikit pede untuk memraktekkannya perorang.
Sesi ke-3 yang dilaksanakan pada hari kedua, digunakan untuk penguatan penguasaan irama Muri-Q dengan memraktekkannya pada surat-surat di Juz 30 mulai surat An-nas sampai surat An-naba . pada sesi inilah para peserta dituntut untuk membacanya perorangan dengan irama yang sudah dicontohkan.
Tepat pukul 11.00 hari rabu Training ini pun diselesaikan dengan dilanjutkan dengan pembagian CD kaset contoh irama Muri-Q tentunya dengan mengganti biaya rekaman dan keping CD. Alhamdulillah, semoga acara ini menjadi bekal bagi semua guru untuk menjadikan siswa-siswi MI Negeri Grogol menjadi pribadi dengan penguasaan Alquran yang baik dan tentunya dengan nada yang membuat bacaan Alquran mereka menjadi lebih indah, amiin.
Via
kegiatan